surveying instrument geological & mapping equipment

Alat Survey Anda Ingin Awet? Yuk lakukan 2 hal ini

Halo sobat survey, apakah anda sedang menggunakan alat survey atau bahkan anda memiliki alat survey? Yuk lakukan cara ini agar alat survey anda tetap awet dan tetap terjaga kualitasnya.

  • Perawatan

Ini penting, banyak alat survey yang cepat rusak karena tidak bagus dalam perawatan, teledor dan tidak apik adalah termasuk salah satunya, kenapa perawatan ini penting? karena alat survey ini sama halnya dengan alat alat yang lain yang kita miliki pada umumnya seperti mobil, motor, harus di rawat sebaik mungkin untuk menghindari kerusakan dini, untuk itu saya akan berbagi tips perawatan alat dalam kesempatan ini.

Tips perawatan alat survey

1. Selalu hati hati dalam membawa alat Survey

karena alat ini sangat rentan, bantingan yang terlalu keras akan menyebabkan kerusakan komponen di dalamnya, paling ringan adalah akurasinya yang akan berubah sehingga mau tidak mau anda akan di haruskan untuk mengkalibrasi ulang sebelum waktunya.

Solusi : Pastikan alat anda di bawa atau di tempatkan di tempat yang tidak terlalu banyak getaran, ketika membawanya sebaiknya di jinjing atau di gendong, pastikan ketika menyimpanya dengan lembut, benturan sering kali tidak di sengaja pada saat akan menyimpan alat, pada saat memasangkanya ke tripod, dan pada saat di kendaraan motor / mobil.

Beli juga : Kompas Geologi Brunton 5008 Fiber

 

2. Jangan menyimpan Alat survey di ruangan ber AC

Kebanyakan alat survey adalah terdiri dari alat yang ber Lensa dan ada elektroniknya, sudah paham kan namanya elektronik dan lensa tidak boleh ada uap air masuk, meskipun di spesifikasinya waterfroop tapi ini tidak menjamin uap air tidak akan masuk ke alat, jadinya alat akan cepat rusak dan pasti dalam waktu dekat alat anda akan selalu minta servis,

Solusi : Hindari penyimpanan di ruangan ber AC baik saat di simpan di ruangan atau pada saat di mobil,

 

3. Bersihkan alat survey anda ketika terlihat kotor

Kebanyakan dari kita hanya mendiamkanya, padahal ini tidak bagus terutama untuk body bagian luar, banyak kasus cat menjadi rontok karena kotor yang tidak di bersihkan, trutama kotor yang di sebabkan oleh zat yang keras, seperti Oli, Adukan, Cat, Air laut, dsb.

Solusi : Anda tahu betul apa yang menyebabkan alat anda kotor dan kotoran apa yang ada di alat anda, maka silakan bersihkan sendiri, ingat membersihkanya dengan halus dan hindari menyentuh bagian bagian tertentu seperti Nivo, gunakan lap halus memakai alkohol.

 

  • Kalibrasi / Servis

Bagus tidaknya alat akan terbukti setelah hasil kalibrsinya, alat survey ini wajib di kalibrsi secara berkala, orang bijak tidak akan menggunakan alat survey kalau masa kalibrsinya habis atau kalau sudah tahu bahwa alat tersebut sudah melenceng dari akurasinya.

Berikut tips untuk melakukan servis dan kalibrasi

1. Perhatikan di mana anda akan mengkalibrasikan alat anda,

Ini penting, kebanyakan orang tidak sadar bahwa tempat anda mengkalibrasi alat sangat penting, kenapa?.. bahaya kalau alat anda di servis / kalibrasi oleh orang yang tidak kompeten (abal-abal), alih alih alat ingin di perbaiki malah tambah rusak.

Solusi : Pilih tempat servis dan Kalibrasi di tempat yang jelas dan memang peruntukanya, dan bidangnya, anda tentu bisa dong memastikannya dan memilih tempat yang kira kira bagus menurut anda, anda pasti punya trik tersendiri untuk hal ini.

Berbicara masalah tempat untuk servis & kalibrasi Alat survey yang banyak direkomendasikan adalah PT. ALAT UKUR INDOSURTA, banyak direkomendasikan oleh perusahaan BUMN dan Swasta ataupaun Perorangan.

 

2. Sebaiknya anda melakukan Servis & kalibrasi ke tempat yang terdekat dengan Anda,

Sama saja bohong namanya kalau anda mau kalibrasi alat survey karena tempatnya jauh dari tempat anda (sudah berlangganan di tempat tersebut namun jauh dari tempat anda) lalu anda mengirim dan mengambilnya menggunakan jasa ex…disi atau Ca…go, saran saya sudah ga usah di kalibrasi aja, yang ada malah tambah rusak di perjalanan (kecuali anda hand carry antar jemput sendiri, otomatis biaya lebih membengkak). paham kan maksud saya?..

Solusi : Pilih tempat kalibrasi yang dekat, aman dan kompteten, kalau bisa anda antar dan jemput sendiri, atau minta petugas dari tempat anda mau kalibrasi untuk antar jemput. Contoh seperti di INDOSURTA ada layanan antar jemput gratis untuk kalibrsi jadi anda sangat tidak perlu hawarit sama sekali dan pasti ada garansi, selain itu biaya akan lebih ringan.

 

Baca juga : Alat Pengukuran Kedalaman Laut Menggunakan Sonar

error: Mohon maaf, tidak bisa di klik kanan...
Scroll to Top